Tuesday, April 14, 2015

ETIKA DAN PROFESIONALISME DALAM BIDANG IT

Ersa Mahardhika
12111483
4KA38
Irfan Humaini
  •  Etika Dalam Bidang IT

Etika dalam bidang IT sangat berkembang dengan pesat. Dengan pekembangan tersebut maka kita diharapkan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan taraf hidup manusia. Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana menjalani kehidupan melalui rangkaian tindakan sehari – hari, etika dapat diterapkan dalam segala aspek atau segi kehidupan. Banyak hal yang dapat membuat manusia untuk sukses dalam bidang IT tetapi tidak akan bisa apabila hanya dengan mengandalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, akan tetapi manusia juga harus dapat menghayati kode etik ilmu, teknologi dan kehidupan. Manusia diharuskan mempunyai etika agar dapat menilai mana perbuatan yang baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu.
Sebagai contoh, pertukaran data digital, baik dalam bentuk film, musik, software, atau bahkan e-book telah menjadi hal yang biasa di dunia maya. Dengan mengunjungi situs – situs tertentu dan melakukan klik beberapa kali, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan secara gratis. Daripada membuang - buang uang untuk ke bioskop dan menonton film keluaran terbaru, kita bisa men-download film tersebut dengan kualitas yang tidak kalah dengan aslinya. Jika ingin mendengarkan lagu, meng-install software, atau baca buku sekalipun, kita bisa mendapatkanya dengan men-download. Hal ini menjelaskan bahwa pentingnya etika pada diri seseorang agar dapat bertindak dan memilih baik atau buruknya yang akan ia lakukan.

  • Profesionalisme Dalam Bidang IT

Seorang profesionalisme dijaman sekarang diharuskan mengerti tentang perkembangan teknologi masa kini, teknologi yang sangat cepat kemajuannya mendorong seorang profesional untuk mengambil pendidikan khusus tentang Teknologi informatika yang mumpuni untuk menunjang kemajuan karirnya, seorang profesional mengerti betul kemudahan yang diberikan ketika kemampuannya dipadukan dengan kemampuan akan teknologi informatika, profesional yang sadar tentang kebutuhan ini akan mengambil langkah - langkah dalam meningkatkan skill informatikanya, baik dengan kursus disebuah lembaga atau dengan kuliah lanjutan.

Sumber :


No comments:

Post a Comment