Saturday, September 29, 2012

HOLDING COMPANY




Holding Company / Akuisisi
Holding Company adalah suatu perusahaan yang bertujuan untuk memiliki saham dalam satu atau lebih perusahaan lain atau mengatur satu atau lebih perusahaan lain tersebut . Contoh perusahaan yang melakukan Holding Company adalah :
  • PT Semen Gresik Tbk  membentuk perusahaan induk (holding company) bagi Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa. Permodalan Semen Gresik masih yang paling kuat, sedangkan pertumbuhan kinerja Semen Padang dan Tonasa berada di peringkat terbawah sehingga PT Semen Gresik Tbk melakukan Holding company untuk meningkatkan kinerja perusahaannya.
  • IBM akuisisi Diligent Technologies, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi penyimpanan de-duplikasi (de-duplication). Lewat akuisisi ini, teknologi dan pegawai Diligent Technologies akan menjadi bagian dari unit bisnis IBM System Storage, IBM Systems and Technology Group.
  • Di California, Motorola mengakusisi perusahaan penyedia solusi pemroses video digital Terayon Communication Systems, Inc.
  • Computer Associated (CA) melakukan akuisisi pada MDY Group International, Inc, perusahaan yang bergerak untuk penyediaan jasa dan peranti lunak untuk kebutuhan pengelolaan data berbagai perusahaan..

Struktur Organisasi PT.Semen Gresik Tbk
Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah bentuk organisasi secara keseluruhan,yang merupakan gambaran mengenai kesatuan dari berbagai segmenorganisasi yang masing-masing dipengaruhi oleh berbagai faktor sepertikondisi lingkungan, ukuran, jenis teknologi yang digunakan, dan juga sasaran yang hendak dicapai (Lubis, S. B . Hari 2005 )

Struktur organisasi merupakan bentuk organisasi yang dirancang dengan memperhatikan akibatdari pengaruh keseluruhan faktor-faktor tersebut secara bersamaan. Terdapat empat komponen dasar yang berperan sebagai kerangka dari definisistruktur organisasi yaitu:.

1.      Struktur organisasi memberikan gambaran mengeani pembagian tugasserta tanggung jawab kepada individu maupun bagian-bagian pada suatuorganisasi.

2.      Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yang ditetapkan secara resmi dalam suatu organisasi.

3.      Struktur organisasi menetapkan pengelompokkan individu menjadi bagian organisasi dan pengelompokkan bagian-bagian organisasi menjadi suatu organisasi yang utuh.

4.              Struktur organisasi juga menetapkan sistem hubungan dalam organisasiyang memungkinkan tercapainya komunikasi, koordinasi, dan pengintegrasian segenap kegiatan organisasi baik ke arah vertikal maupun horizontal.

Bentuk struktur organisasi pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.Adalah bentuk organisasi (line). Dalam sistem organisasi tersebutwewenang mengalir dari atas ke bawah, sedangkan tanggung jawabmengalir dari bawah ke atas. Sehingga dalam sistem organisasi ini, pimpinan memberikan wewenang secara langsung kepada bagian di bawahnya, sedangkan bagian yang diberi wewenamg tersebut mempunyaiwewenang pada bagian di bawahnya kepada pimpinan perusahaan.



Skema Organisasi PT.Semen Gresik Tbk



Direktur Utama

Direktur Pemasaran
Direktur Keuangan

Direktur Produksi

Satuan Pengawasan Intern


PERAN ORGANISASI DAN METODE DALAM PERUSAHAAN
Sebuah perusahaan tidaklah terlepas dari organisasi. Organisasi dalam perusahaan merupakan hal penting dalam mencapai perusahaan yang baik. Tata kelola yang baik adalah contoh dari organisasi yang berjalan baik dalam perusahaan.
“Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan dan perubahan yang sangat cepat, perusahaan perlu memiliki nilai lebih dan daya tarik industri bagi para stakeholders. Suatu tata kelola perusahaan yang baik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan persaingan dan perubahan tersebut.” (PT. Semen Gresik (PERSERO) Tbk)
Peranan organisasi dalam perusahaan tidak beda dengan peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Mampu memahami konsep organisasi sesuai dengan kegiatan tuntutan operasi tertentu serta mampu menyusun rancangan struktur organisasi perusahaan yang meliputi organigram, tugas pokok & fungsi kegiatan operasi unit organisasi untuk mencapai tujuan merupakan peranan organisasi dalam perusahaan. Sedangkan, tanpa metode, suatu tata kerja yang telah diorganisir secara baik, tidak akan mencapai tujuan secara efisien.



Ciri ciri Organisasi Holding Company :
1) Memiliki induk perusahaan yaitu holding company itu sendiri; dan
2) Memiliki anak perusahaan, yaitu badan-badan usaha yang dikuasainya
3) Menyerahkan pengelolaan bisnis yang dimilikinya pada manajemen yang terpisah.
4) membeli dan menguasai sebagian besar saham dari beberapa badan usaha lain
5) mengendalikan semua jalannya proses usaha pada setiap badan usaha yang telah dikuasai saham
6) Kekayaan holding company diperoleh dari saham – saham dari masing – masing badan usaha yang dikuasainya. Hal ini bisa saja terjadi karena ada suatu perusahaan dalam kondisi yang baik secara finansial kemudian membeli saham–saham dari perusahaan lain  atau terjadi pengambilalihan kekuasaan dan kekayaan dari suatu perusahaan ke Holding Company (Perusahaan Induk). Perlu diingat bahwa Holding Company sendiri adalah perusahaan induk yang memiliki saham pada beberapa anak perusahaan.


Manajemen Organisasi
Dalam menghadapi tantangan era globalisasi pasar bebas, maka SGG telah menerapkan sistem manajemen dan mendapatkan beberapa sertifikat sebagai berikut:
  1. Sistem Manajemen Mutu SNI 19-9001-2001 dan ISO 9001:2000, sertifikat No. ID03/0267 dari SGS sejak Mei 1996.
  2. Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004, sertifikat no GB01/19418 dari SGS sejak Februari 2001.
  3. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Sejak 1999 dan OHSAS 18001:2007 sejak bulan Nopember 2007 dari SGS.
  4. Memperoleh Sertifikat Akreditasi Laboratorium Pengujian Bahan dari KAN yang telah menerapkan secara konsisten ISO/IEC 17025:2000 sejak Nopember 2002 dan ISO/IEC 17025:2005 sejak Maret 2007.
  5. API Monogram Sertifikat no. 10A-0044 dari American Petroleum Institute New York.

Semua Sistem manajemen di atas diimplementasikan dengan mensyaratkan management continous improvement dan penerapan subsistem manajemen meliputi :
  • Gugus Kendali Mutu (GKM)
  • 5 R
  • Sistem Saran (SS)
  • Total Productive Maintenance (TPM) 





2 comments:

  1. Rajanya SOLUSI

    Kami merupakan perusahaan yang komitmen untuk memberikan yang terbaik terhadap permasalahan anda hadapi, mulai dari permasalahan sederhana sampai komplek sekalipun, beberapa konsultasi yang kami berikan adalah:

    Training all ISO standard , CE marking, appraisal asset, feasibility study, ISO14001, ISO 27000, ISO 22000,ISO TS 16949, SOP, hr sistem, SA 8000, OHSAS 18001, 5S, Sig Sigma, BalanceScoreCard, KPI, jobs profile, Training leadership, JOBS PROFILE, business development, maritime convention labour (MLC), recruitment, man power supply, international guide standard, internasional standard, Analisa jabatan, upl/ukl, creat website, optimize website

    Call Now: Ali Pur (business consultant PT. Sien Consultants) Mobile: +62813801.63185 atau 021-98567515. Klik http://indokonsultan.com

    ReplyDelete
  2. tulisannya sangat membantu, terima kasih ya pak atas sharenya

    regard
    http://indokonsultan.com
    telp 021.98567515 / 0813801.63185

    ReplyDelete