Definisi Manajemen
Pengertian menurut arti :
1. Manajemen
menurut Seni : disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan
diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara memerintahkan
pada orang lain agar mau bekerja sama .
2. Manajemen
menurut Fungsi : suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat
dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan
tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
3. Manajemen
menurut Proses : serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada
pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber
yang tersedia.
Secara umun pengertian Manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg
efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan
pengawasan sumberdaya organisasi.
Piramida Manajemen
1.
Manajemen Lini
Pertama ( First Line Management ) dikenal dengan
manajemen operasional : Tingkatan paling rendah dalam sebuah organisaisi
adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pekerjaan orang lain. Yang termasuk
ke dalam manajemen lini pertama adalah supervisor, pengawas, pelatih, group
leader, foreman dan sebagainya.
2. Manajemen Tingkat Menengah ( Middle Management ) : Mereka bertanggungjawab atas manajer
lain yang memiliki tingkatan lebih rendah, dan kadang-kadang terhadap beberapa
karyawan operasional. Yang termasuk ke dalam manajemen tingkat menengah adalah
kepala divisi, kepala bagian, kepala seksi, kepala cabang, dan sebagainya.
3. Manajemen Puncak ( Top Management ) :
Merupakan tingkatan tertinggi dalam piramida
manajemen, terdiri atas eksekutif puncak dalam organisasi. Yang termasuk ke
dalam top manajemen adalah direktur utama, presiden, wakil presiden, gubernur,
walikota, rektor, dan sebagainya.
sangat membantu
ReplyDeletekarna langsung menuju pokok pembahasan (to the point)
Kenapa manajemen digambarkan seperti bangunan piramida??
ReplyDeleteMohon pencerahannya..
Makasih
ReplyDelete