Wednesday, October 3, 2012

Definisi Manajemen & Piramida Manajemen



Definisi Manajemen
Pengertian menurut arti :
1.      Manajemen menurut Seni : disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama .
2.      Manajemen menurut Fungsi : suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
3.      Manajemen menurut Proses : serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.
Secara umun pengertian Manajemen adalah  pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.

Piramida Manajemen


1.      Manajemen Lini Pertama ( First Line Management ) dikenal dengan manajemen operasional : Tingkatan paling rendah dalam sebuah organisaisi adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pekerjaan orang lain. Yang termasuk ke dalam manajemen lini pertama adalah supervisor, pengawas, pelatih, group leader, foreman dan sebagainya.
2.      Manajemen Tingkat Menengah ( Middle Management ) : Mereka bertanggungjawab atas manajer lain yang memiliki tingkatan lebih rendah, dan kadang-kadang terhadap beberapa karyawan operasional. Yang termasuk ke dalam manajemen tingkat menengah adalah kepala divisi, kepala bagian, kepala seksi, kepala cabang, dan sebagainya.
3.      Manajemen Puncak ( Top Management ) : Merupakan tingkatan tertinggi dalam piramida manajemen, terdiri atas eksekutif puncak dalam organisasi. Yang termasuk ke dalam top manajemen adalah direktur utama, presiden, wakil presiden, gubernur, walikota, rektor, dan sebagainya.

3 comments:

  1. sangat membantu
    karna langsung menuju pokok pembahasan (to the point)

    ReplyDelete
  2. Kenapa manajemen digambarkan seperti bangunan piramida??
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete