Thursday, June 27, 2013

Pendapat Kenaikan BBM

     Saya sih setuju kalau harga BBM naik. Karena dengan harga BBM yang murah selama ini, masyarakat seakan terlena dan lebih cenderung melakukan pemborosan energi. Contohnya: 1) Mau beli rokok ke depan aja udah pake motor, 2) Dalam 1 rumah aja sekarang isinya bisa sampe 5 motor, 3) Pake listrik seenaknya. 


     FYI kalau BBM adalah sumber utama dari segala bentuk energi yang ada, sebut aja listrik. Listrik dibuat dari konversi energi mekanik turbin yang digerakin pakai BBM juga. Semakin mudah suatu barang didapat, maka semakin tidak bernilai barang tersebut dan semakin jarang orang menghargainya. Dan BBM itu dihasilkan dari minyak bumi yang terdapat jauh di bawah tanah dan termasuk kedalam sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

     Coba liat Singapura, di sana negaranya gak lebih besar dari Jakarta, tapi lebih tertib lalu lintasnya daripada Jakarta. Ini dikarenakan mahalnya harga BBM di sana dan bagusnya fasilitas transportasi umum di sana. Nah dari naiknya harga BBM ini mungkin untungnya bisa dipake untuk membangun sarana angkutan umum, kesehatan, dan pendidikan yg lebih baik, 

     Masyarakat Indonesia sudah terlalu lama dimanjakan dengan kemudahan mulai dari jaman Orde Baru. Terbiasa dengan budaya boros dan susah untuk diajak merubah diri. Katanya pingin Indonesia jadi lebih maju? Tapi kok gak mau berkorban?

     Maka dari itu menurut saya, masyarakat Indonesia harus dipaksa untuk merubah pola hidup boros menuju pola hidup yang hemat. Salah satunya dengan cara menaikan harga BBM, toh BBM murah juga gak ada efeknya ke pembangunan malah banyak diselewengkan. Dengan mahalnya harga BBM, maka setiap masyarakat yang akan menggunakan BBM akan lebih memutar otak untuk memanfaatkan setiap tetes BBM yang akan mereka pakai agar tidak terbuang secara percuma. Jika setiap masyarakat Indonesia dapat berpikir seperti itu, bukan tidak mungkin kita bisa mengikuti jejak negara Jepang yang terkenal sebagai negara yang memilii efisiensi energi yg tinggi itu.

No comments:

Post a Comment